Sabtu, 29 Juni 2013

RPP dan SILABUS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MATA PELAJARAN           :    BIOLOGI
KELAS / SEMESTER          :    X (SEPULUH)/I
PERTEMUAN                   :    I
ALOKASI WAKTU             :    1 JAM PEMBELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI :    1. MEMAHAMI HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU
KOMPETENSI DASAR       :    1.1. MENGIDENTIFIKASI RUANG LINGKUP BIOLOGI
TUJUAN                           :    SISWA DAPAT MERUMUSKAN CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP

A.   INDIKATOR
ü  Menyimpulkan ciri – ciri makhluk hidup.

B.   INDIKATOR KARAKTER
ü  Siswa dapat menunjukan perilaku berfikir logis, kritis, kreatif dan inofatif.

C.   MATERI AJAR
ü  Pengertian biologi sebagai ilmu.
ü  Cici – ciri makhluk hidup.

D.   METODE PEMBELAJARAN
ü  Diskusi / Jasking.

E.    Model Pembelajaran
ü  Artikulasi
F.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
ü  Guru mengucapkan salam.
ü  Guru Mengambil Absen.
2.      Kegiatan Inti
ü  Guru menyampaikan kepada siswa cirri-ciri makhluk hidup.
ü  Guru membai siswa dalam 2 ( dua ) kelompok.
ü  Guru menyuruh siswa mendiskusikan materi tentang ciri-ciri dan sifat makhluk hidup.
ü  Guru menarik kesimpulan

3.      Kegiatan Akhir
ü  Guru memberikan tugas kepada siswa.

G.   ALAT / BAHAN / SUMBER
ü  Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I.





Masohi,   Juni 2013

Mengetahui
Kepala Sekolah




( Damas Mega Amarlita, S.si., M.Pd )
Guru Mata Pelajaran





(  Juboki Marasabessy )





S I L A B U S

NAMA SEKOLAH                   :    SMA NEGERI 2 PULAU HARUKU
MATA PELAJARAN                :    BIOLOGI
KELAS / SEMESTER               :    X ( SEPULUH ) I
STANDAR KOMPETENSI       :    MEMAHAMI HAKEKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU
ALOKASU WAKTU                 :    4 x 45 MENIT


Kompetensi Dasar
Kompetensi Sebagai Hasil Belajar
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar

1.1.      Mengidentifikasi Ruang Lingkup Biologi


1.    Menemukan benda-benda yang jadi objek biologi.
2.    Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi.
3.    Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
4.    Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

ü  Jujur
ü  Kerja keras
ü  Toleransi
ü  Rasa ingin tahu
ü  Komunikasi
ü  Menghargai
ü  Tanggung jawab
ü  Peduli lingkungan

ü Percaya diri
ü Berorientasi tugas dan hasil

ü Pengertian biologi sebagai ilmu
ü Ciri-ciri makhluk hidup

Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.

ü Siswa mampu mendeskripsikan karakteristik biologi sebagai ilmu
ü Mendiskripsikan/menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup

ü Jenis Tagihan :
Uji kompetensi tertulia
ü Instrumen penilaian :
Soal uji kompetensi tertulis

4 x 45 Menit
ü Buku Biologi SMA kelas X, Esis. Bab I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar