RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : X (SEPULUH)/I
PERTEMUAN : I
ALOKASI WAKTU : 1 JAM PEMBELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI : 1. MEMAHAMI HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU
KOMPETENSI DASAR :
1.1. MENGIDENTIFIKASI RUANG LINGKUP
BIOLOGI
TUJUAN : SISWA DAPAT MERUMUSKAN CIRI – CIRI MAKHLUK
HIDUP
A. INDIKATOR
ü Menyimpulkan ciri – ciri
makhluk hidup.
B. INDIKATOR KARAKTER
ü Siswa dapat menunjukan
perilaku berfikir logis, kritis, kreatif dan inofatif.
C. MATERI AJAR
ü Pengertian biologi sebagai
ilmu.
ü Cici – ciri makhluk hidup.
D. METODE PEMBELAJARAN
ü Diskusi / Jasking.
E. Model
Pembelajaran
ü Artikulasi
F. LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
ü Guru mengucapkan
salam.
ü Guru
Mengambil Absen.
2. Kegiatan Inti
ü Guru menyampaikan
kepada siswa cirri-ciri makhluk hidup.
ü Guru membai
siswa dalam 2 ( dua ) kelompok.
ü Guru menyuruh
siswa mendiskusikan materi tentang ciri-ciri dan sifat makhluk hidup.
ü Guru menarik
kesimpulan
3. Kegiatan Akhir
ü Guru memberikan
tugas kepada siswa.
G. ALAT / BAHAN / SUMBER
ü Buku Biologi SMA Kelas X,
Esis, Bab I.
Masohi, Juni 2013
Mengetahui
Kepala
Sekolah
(
Damas Mega Amarlita, S.si., M.Pd )
|
Guru
Mata Pelajaran
(
Juboki Marasabessy )
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMA NEGERI 2 PULAU HARUKU
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : X ( SEPULUH ) I
STANDAR KOMPETENSI : MEMAHAMI HAKEKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU
ALOKASU WAKTU : 4 x 45 MENIT
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
Sebagai Hasil Belajar
|
Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1.
Mengidentifikasi
Ruang Lingkup Biologi
|
1.
Menemukan
benda-benda yang jadi objek biologi.
2.
Menemukan
gejala/fenomena yang menjadi objek biologi.
3.
Mengamati
ciri-ciri makhluk hidup
4.
Mendeskripsikan
ciri-ciri makhluk hidup
|
ü Jujur
ü Kerja keras
ü Toleransi
ü Rasa ingin tahu
ü Komunikasi
ü Menghargai
ü Tanggung jawab
ü Peduli lingkungan
|
ü
Percaya
diri
ü
Berorientasi
tugas dan hasil
|
ü
Pengertian
biologi sebagai ilmu
ü
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
Mendiskusikan
ciri-ciri makhluk hidup.
|
ü
Siswa mampu mendeskripsikan
karakteristik biologi sebagai ilmu
ü
Mendiskripsikan/menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
|
ü
Jenis
Tagihan :
Uji kompetensi tertulia
ü
Instrumen
penilaian :
Soal uji kompetensi tertulis
|
4 x 45 Menit
|
ü Buku Biologi SMA kelas X, Esis. Bab I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar